Rabu, 06 Oktober 2010

KEMANDIRIAN

1. PENGERTIAN

Menurut Masrun (1986:8) kemandirian adalah suatu sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

Pengertian mandiri berarti mampu bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau tergantung pada orang lain. Mandiri adalah dimana seseorang mau dan mampu mewujudkan kehendak/keinginan dirinya yang terlihat dalam tindakan/perbuatan nyata guna menghasilkan sesuatu (barang/jasa) demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan sesamanya (Antonius,2002:145).

Kemandirian secara psikologis dan mentalis yaitu keadaan seseorang yang dalam kehidupannya mampu memutuskan dan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan dari orang lain. Kemampuan demikian hanya mungkin dimiliki jika seseorang berkemampuan memikirkan dengan seksama tentang sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi-segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi-segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya (Hasan Basri,2000:53). Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar berhasil sesuai keinginan dirinya maka diperlukan adanya kemandirian yang kuat.

Menurut Brawer dalam Chabib Toha (1993:121) kemandirian adalah suatu perasaan otonomi, sehingga pengertian perilaku mandiri adalah suatu kepercayaan diri sendiri, dan perasaan otonomi diartikan sebagai perilaku yang terdapat dalam diri seseorang yang timbul karena kekuatan dorongan dari dalam tidak karena terpengaruh oleh orang lain.

Menurut Kartini Kartono (1985:21) kemandirian seseorang terlihat padawaktu orang tersebut menghadapi masalah. Bila masalah itu dapat diselesaikan sendiri tanpa meminta bantuan dariorang tua dan akan bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambil melalui berbagai pertimbangan maka hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk mandiri.

Dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kemandirian merupakan sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya sehingga dapat menyelesaikan sendiri masalah-masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan atau tergantung dari orang lain dan dapat bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambil melalui berbagai pertimbangan sebelumnya.

2. CIRI-CIRI KEMANDIRIAN

Kemandirian mempunyai ciri-ciri yang beragam, banyak dari para ahli yang berpendapat mengenai ciri-ciri kemandirian. Menurut Gilmore dalam Chabib Thoha (1993:123) merumuskan ciri kemandirian itu meliputi:

a. Ada rasa tanggung jawab
b. Memiliki pertimbangan dalam menilai problem yang dihadapi secara intelegen
c. Adanya perasaan aman bila memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain
d. Adanya sikap kreatif sehingga menghasilkan ide yang berguna bagi orang lain.

Ciri-ciri kemandirian menurut Lindzey & Ritter, 1975 dalam Hasan Basri (2000:56) berpendapat bahwa individu yang mandiri mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

a. Menunjukkan inisiatif dan berusaha untuk mengejar prestasi
b. Secara relatif jarang mencari pertolongan pada orang lain
c. Menunjukkan rasa percaya diri
d. Mempunyai rasa ingin menonjol

Sejalan dengan dua pendapat dari ahli diatas, Antonius (2002:145) mengemukakan bahwa ciri-ciri mandiri adalah sebagai berikut:

a. Percaya diri
b. Mampu bekerja sendiri
c. Menguasai keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kerjanya
d. Menghargai waktu
e. Tanggung jawab

Setelah melihat ciri-ciri kemandirian yang dikemukakan dari beberapa pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri kemandirian tersebut antara lain:

a. Individu yang berinisiatif dalam segala hal
b. Mampu mengerjakan tugas rutin yang dipertanggungjawabkan padanya, tanpa mencari pertolongan dari orang lain
c. Memperoleh kepuasan dari pekerjaannya
d. Mampu mengatasi rintangan yang dihadapi dalam mencapai kesuksesan
e. Mampu berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif terhadap tugas dan kegiatan yang dihadapi
f. Tidak merasa rendah diri apabila harus berbeda pendapat dengan orang lain, dan merasa senang karena dia berani mengemukakan pendapatnya walaupun nantinya berbeda dengan orang lain

3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian pada remaja menurut Masrun, (1986:4) yaitu:

1. Usia

Pengaruh dari orang lain akan berkurang secara perlahan-lahan pada saat anak menginjak usia lebih tinggi. Pada usia remaja mereka lebih berorientasi internal, karena percaya bahwa peristiwa-peristiwa dalam hidupnya ditentukan oleh tindakannya sendiri. Anak-anak akan lebih
tergantung pada orang tuanya, tetapi ketergantungan itu lambat laun akan berkurang sesuai dengan bertambahnya usia.

2. Jenis kelamin

Keinginan untuk berdiri sendiri dan mewujudkan dirinya sendiri merupakan kecenderungan yang ada pada setiap remaja. Perbedaan sifatsifat yang dimiliki oleh pria dan wanita disebabkan oleh perbedaan pribadi individu yang diberikan pada anak pria dan wanita. Dan perbedaan jasmani yang menyolok antara pria dan wanita secara psikis menyebabkan orang beranggapan bahwa perbedaan kemandirian antara pria dan wanita.

3. Konsep diri

Konsep diri yang positif mendukung adanya perasaan yang kompeten pada individu untuk menentukan langkah yang diambil. Bagaimana individu tersebut memandang dan menilai keseluruhan dirinya atau menentukan sejauh mana pribadi individualnya. Mereka yang mmandang dan menilai dirinya mampu, cenderung memiliki kemandirian dan sebaliknya mereka yang memandang dan menilai dirinya sendiri kurang atau cenderung menggantungkan dirinya pada orang lain.

4. Pendidikan

Semakin bertambahnya pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, kemungkinan untuk mencoba sesuatu baru semakin besar, sehingga orang akan lebih kreatif dan memiliki kemampuan. Dengan belajar seseorang dapat mewujudkan dirinya sendiri sehingga orang memiliki keinginan sesuatu secara tepat tanpa tergantung dengan orang lain.

5. Keluarga

Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam melatarkan dasar-dasar kepribadian seorang anak, demikian pula dalam pembentukan kemandirian pada diri seseorang.

6. Interaksi sosial

Kemampuan remaja dalam berinteraksi dengan lingkungan social serta mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik akan mendukung perilaku remaja yang bertanggung jawab, mempunyai perasaan aman dan mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan baik tidak mudah menyerah akan mendukung untuk berperilaku mandiri.

Dari uraian tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa dalam mencapai kemandirian seseorang tidak dapat terlepas dari faktor-faktor yang mendasari terbentuknya kemandirian itu sendiri. Faktor-faktor ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan yang selanjutnya akan menentukan seberapa jauh seorang individu bersikap dan berpikir cara mandiri dalam menjalani kehidupan lebih lanjut.

4. PROSES TERBENTUKNYA KEMANDIRIAN

Lingkungan kehidupan yang dihadapi individu sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang, baik segi-segi positif maupun negatif. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik terutama dalam bidang nilai dan kebiasaan-kebiasaan hidup akan membentuk kepribadiannya, dalam hal ini adalah kemandiriannya. Lingkungan social yang mempunyai kebiasaan yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas dalam kehidupan mereka, demikian pula keadaan dalam kehidupan keluarga akan mempengaruhi perkembangan keadaan kemandirian anak. Sikap orang tua yang tidak memanjakan anak akan menyebabkan anak berkembang secara wajar dan menggembirakan. Sebaliknya anak yang dimanjakan akan mengalami kesukaran dalam hal kemandiriannya.

Pola pendidikan yang baik selalu ditegakkan dengan prinsip-prinsip memberi hadiah dan memberi hukuman yang akan menyebabkan anak-anak dalam keluarga memiliki taraf kesadaran dan pengalaman nilai-nilai kehidupan yang lebih baik. Kehidupan yang terkesan amburadul, anormatif dan gersang dari keteladanan yang terpuji, menyebabkan anak-anak didik
yang tumbuh dalam keluarga tersebut akan menunjukkan keadaan kepribadian yang kurang bahkan tidak menggembirakan.

Menurut Antonius (2002:146) lingkungan sosial ekonomi yang memadai dengan pola pendidikan dan pembiasaan yang baik akan mendukung perkembangan anak-anak menjadi mandiri, demikian pula sebaliknya. Keadaan sosial ekonomi yang belum menguntungkan bahkan paspasan jika ditunjang dengan penanaman taraf kesadaran yang baik terutama
dalam hal upaya mencari nafkah dan nilai-nilai luhur dalam kehidupan, akan menyebabkan anak-anak mempunyai nilai kemandirian yang baik. Sebaliknya jika keadaan sosial ekonomi masih kurang menggembirakan, sedang kedua orang tua tidak menghiraukan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya, dan taraf keteladanan pun jauh dari taraf keluhuran, maka bukan tidak mungkin anak-anak berkembang salah dan sangat merugikan masa depannya jika tidak tertolong dengan pendidikan selanjutnya.

Lingkungan keluarga yang mempunyai nilai-nilai yang baik akan memungkinkan anak berkemampuan untuk melakukan pilihan terhadap sesuatu secara baik. Sebaliknya keluarga yang tidak mempunyai nilai-nilai baik akan membiarkan anaknya. Orang tua yang baik tentu akan menuntun anak-anaknya agar selalu memperhatikan teman sepergaulannya. Dianjurkan untuk selalu mencari teman yang baik akhlaknya, bukan sekedar mempunyai teman dalam kehidupan tanpa memperhatikan taraf kebaikan sikap dan tingkah lakunya (Hasan Basri,2000:55). Individu yang memiliki konsep diri positif akan menilai dirinya mampu, cenderung memiliki kemandirian dan sebaliknya individu yang memiliki konsep diri negatif akan menilai dirinya sendiri kurang atau cenderung menggantungkan dirinya pada orang lain.

35 komentar:

Christian_Kala' Lembang mengatakan...

nle nggak tambahin bgian2nya tentang kemandirian

RIDHA mengatakan...

Mas Avaan Areev , TOLONG kirimin saya Daftar PUSTAKA yg Lengkap ttg referensi diatas Donk .
(tolong untuk skripsi saya ya )
masrun,hasan basri,chahib thiha,dan antonius ,
tolong ya mas , pliiiz . :)
krim ke : rido_mine@yahoo.com

yuqisoraya mengatakan...

mas saya bisa minta tolong untuk daftar pustakanya gak? tentang referensi diatas (untuk skripsi saya)
bila mas berkenan
kirim ke : yuqisoraya@yahoo.co.id
terimakasih

Sarji Anggraeni mengatakan...

Kak avan saya boleh minta tolong untuk dikirimi daftar pustakanya,, ini untuk keperluan skripsi saya,,

email saya : zietaz.palace@gmail.com

terima kasih sebelumnya

Mareta Deka mengatakan...

minta daftar pustakanya, makasih

Markus Luahambowo mengatakan...

Selamat sore Mas Avan

Boleh minta tolong dikirimin daftar pustakanya buat keperluan skripsi saya, mohon ya mas bila berkenan

Ke markus_luahambowo@yahoo.co.id

atau ke Mluahambowo@gmail.com

Buat temen temen diatas yang sudah punya daftar pustakanya mohon di share ke alamat email diatas yaa.
Makasih mas sebelumnya.

Kadal Merah mengatakan...

salam

Mas, saya juga ingin mendapatkan daftar pustaka perihal artikel ini untuk tugas akhir. mohon Mas membantu saya untuk mengirimkan daftar pustakanya ke email saya di guntursektiwijaya@gmail.com.

terima kasih

arisa putri mengatakan...

saya minta daftar pustakanya dong mas avan...
kl tdk keberatan tlg krm ke email saya arisaputri23@gmail.com
trmksh sblumnya

Munib an-Nihrir mengatakan...

maaf mas kalo boleh q minta dafpust mas ne email saya, stripnehrir@gmail.com

My diary mengatakan...

mas, saya minta daftar pustaka juga dong, buat skripsi saya.
makasih

iam.ugm@gmail.com

salman al farisi mengatakan...

sya juga mas minta dftar pustakanya mas alfarisis12@gmail.com mohon bantuanya mas buat skripsi

nurina_dwi mengatakan...

aku juga mnta daftar pustakanya bisa mas??? nurina_dwi92@yahoo.co.id. makasih mas

Rahayu Ningsih Batubara mengatakan...

iya saya juga mau daftar pustakanya mas, buat pengerjaan skripsi saya.
batubara29@gmail.com
trimakasih ;)

Ayu Wijayanti mengatakan...

saya nggk ikut2an minta mas..
hee... :)

Dwi Nur Kholifah mengatakan...

saya juga mnta daftar pustakanya bisa mas ??
untuk tugas mata kuliah penelitian kuantitatif.
terimakasih mas.
bagi teman - teman yang sudah punya daftar pustakanya, tolong share
nurkholifahdwi@gmail.com

Emma Septa mengatakan...

mas bisa minta daftar pustakanya buat skripsi
alamat febrinalistiningrum@yahoo.com

mentari hijab mengatakan...

:)

ABDI ZIHAUL'S BLOG mengatakan...

boleh minta daftar pustakanya? untuk keperluan karya ilmiah. kalau boleh, bisa dikirimkan ke abdizihaul@gmail.com

Nur Indah Yusuf mengatakan...

permisi mas..mau minta daftar pustakanya dong..untuk tugas skripsi. kirim ke email aku ke nuriindah.ysf@gmail.com. terima kasih sebelumnyaa. :)

maharti erien mengatakan...

boleh minta daftar pustakanya...
buat tugas skripsi mas avan..
kirim ke email earsteeriendra@yahoo.com
terima kasih sebelumnya..

Okky mengatakan...

mas boleh minta daftar pustakanya boleh,, untuk tugas kalau berkenan tolong kirim ke emai ini okkyherwanto@gmail.com

Hanif Nur R mengatakan...

mas boleh minta daftar pustakanya??buat tugas penelitian.
apabila mas berkenan bisa dikirim ke e-mailku ini
hanifnurrohman18@gmail.com

tina asmi mengatakan...

mas minta daftar pustakanya buat tugas akhr sy.. :)
klo berkenan tolong kirim ke email tinaasmiinkighayo@gmail.com
mksh

Diana Rahmawati mengatakan...

mas boleh minta daftar pustakanya? kalo berkenan tolong kirim ke email ddianul21@gmail.com
thanks :)

seavh mengatakan...

mas saya jga minta daftar pustakanya ...mhon bantuannya mnta tlong krim ke email leen.haey@gmail.com
syukron :)

ima afandi mengatakan...

ms minta tolong kirimin referensinya ke email imbrutgombes@gmail.com syukron ms

Laili Yasmin mengatakan...

mas avan minta daftar pustaka untuk artikel ini ya, tolong untuk skripsi ke email laliliyasmin27@gmail.com terimakasiiihhh

natalina silalahi mengatakan...

mas avan bisa minta daftar pustakanya ?
jika berkenan kirim lewat email saya, nataliasilalahi75@yahoo.com
maksih.:)

Suharsiwi Soeratman mengatakan...

mas avan, bisa minta daftar pustakanya..

Suharsiwi Soeratman mengatakan...

daftar pustaka tolong kirim ke suharsiwisoeratman@gmail.com

ibrahim aji mengatakan...

Wah Mantap mantap,,

Siti Yaurotin mengatakan...

minta daftar pustakanya donk. kirim ke email ku ya: otin.dontcraying@gmail.com

Siti Yaurotin mengatakan...

mohon bantuannya,.

Indry Pantow mengatakan...

mas bisa minta daftar pustaknya? bisa di kirm ke emailku :indryluvray@gmail.com

Deby Agustia Widyasuci mengatakan...

Selamat pagi.

Saya juga mau minta tolong untuk dikirim daftar pustaka untuk mempermudah mencari bukunya untuk kepentingan tugas saya. Terima kasih
debyagustia@yahoo.com

Poskan Komentar