Silabus Psikologi Perkembangan
* Cakupan Psikologi Perkembangan
* Perkembangan – Pertumbuhan
* Hukum – Prinsip Perkembangan
* Periodisasi Perkembangan
* Masa kehamilan dan pengaruhnya
* Perkembangan masa anak : Fisik, Psikomotorik, bahasa, emosi, sosial, moral, seks, minat, kepribadian, dan kognisi
* Tugas Perkembangan anak
* Hambatan perkembangan anak
Cakupan Psikologi Perkembangan
* Mengulas perkembangan individu sejak konsepsi sampai dengan menjelang remaja
* Obyeknya adalah perkembangan manusia sebagai individu
* Rentang usia perkembangan yang dilihat sejak terjadinya konsepsi sampai lanjut usia
* Tinjauannya pada perkembangan yang berlaku universal ( umum )
* Pengenalan metode dalam penelitian psikologi perkembangan
Perkembangan ( development ) dan Pertumbuhan ( growth )
* Psikologi Perkembangan adalah Ilmu Psikologi yang menitikberatkan pembahasan dan penelitian pada proses – proses dasar dan dinamika perilaku manusia dalam sebagai tahap kehidupan
* Perkembangan ( Monks, dkk 2000 ) adalah suatu proses ke arah yang lebih sempurna sifatnya tetap, terus menerus dan tidak dapat terulang kembali
* Perkembangan juga dapat dijelaskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi berdasarkan pertumbuhan, kematangan dan belajar / perubahan yang terjadi
Perkembangan sifatnya lebih pada kualitas
* Pertumbuhan menunjuk pada perubahan yang sifatnya kuantitatif, perubahan yang disebabkan oleh adanya perubahan dalam ukuran dan struktur yang dipengaruhi oleh terjadinya perbanyakan ( multiplikasi ) sel – sel
* Pertumbuhan fisik sifatnya meningkat, menetap dan kemudian mundur seiring dengan bertambahnya usia
Kematangan ( maturation )
* Davidoff ( 1988 ) menggunakan istilah ini untuk menunjuk pada munculnya pola perilaku tertentu, pada waktu tertentu yang tergantung pada pertumbuhan jasmani dan kesiapan susunan syaraf
Empat Persepektif dalam perkembangan
* Psychoanalitic
Sigmund Freud : psikoanalisis –> Psikoseksual : Perilaku di kontrol oleh kekuatan ketidaksadaran
Erikson : Psikososial : Kepribadian dipengaruhi oleh lingkungan dan berkembang melalui adanya sejumlah krisis
Jean Bajer Miller : Self in Relation : Kepribadian berkembang dalam kontels hubungan emosional
* Learning
Ivan Pavlov : Clasical Conditioning
B. F. Skinner : Operant Conditioning
J.B Watson : S – R Theory
Albert Bandura : Social Learning –> Individu belajar dalam konteks sosial dengan mengobservasi dan mengimitasi model
* Humanistic
Abraham Maslow : Teori Self – Actualization and The Hierarchy of Needs –> individu mempunyai kemampuan untuk mengisi kehidupannya dan memperkuat pengembangan dirinya
* Kognitif
Jean Piaget : Cognitive Development
Lev Vygotsky : Moral Reasoning Development
Information Processing
Aspek – Aspek Perkembangan
* Perkembangan Fisik
Perubahan fisik, otak, kapasitas sensoris dan kemampuan motoris.
Pengaruhnya jelas pada intelektual kepribadiannya
* Perkembangan Kognitive ( Intelektual )
Perubahan dalam hal kemampuan mental : belajar, ingatan, penalaran, berbahasa
Terkait atau tergantung pada perkembangan fisik dan emosi
* Perkembangan Socio – Personality
Personality adalah ke-khas-an individu dalam menghadapi lingkungannya da dalam mengekspresikan emosi
Kedua hal tersebut dipengaruhi oleh fungsi aspek fisik dan kognitifnya
Prinsip – prinsip perkembangan
* Maturation ( kematangan ) – Experience ( pengalaman )
* Nature ( alami ) – Nurture ( rekayasa )
* Genetic ( bawaan ) – Enviroment ( lingkungan )
* Continuity ( berkelanjutan ) – Discontinuity ( bertahap )
* Stability ( stabil ) – Change ( berubah – ubah )
Hukum perkembangan dan pertumbuhan
* Top to Bottom Development : dengan prinsip “Cephalocacudal Principles“
* Inner to Outer Devellopment : dengan prinsip “Proximodistal Principles“
* Simple to Complex Develompent : dengan prinsip “Path to Global Principles“
Tahap -Tahap Perkembangan
Menurut Erik Erikson ada 8 tahap
* Basic Trust vs Mistrust ( lahir sampai dengan 12 / 18 bulan )
* Autonomy vs Shame & Doubt ( 12 / 18 bulan sampai dengan 3 tahun )
* Initiative vs Guilt ( 3 sampai dengan 6 tahun )
* Industry vs Inferiority ( 6 sampai dengan puberity )
* Identity vs Identity Confusion ( puberty sampai dengan adulthood )
* Intimacy vs Isolation ( young adulthood )
* Generativity vs Stagnation ( middle adulthood )
* Integrity vs Dispair ( old age )
Menurut Buku Life-span Major Development
* Pre-natal ( konsepsi sampai dengan lahir )
* Infancy dan Toddlerhood ( lahir sampai dengan 3 tahun )
* Early Childhood ( 3 sampai dengan 6 tahun )
* Middle Childhood ) 6 sampai dengan 12 tahun )
* Adolescence ( 12 sampai dengan 20 )
* Young Adulthood ( 20 sampai dengan 40 tahun )
* Middle Age / Middlehood ( 40 sampai dengan 65 tahun )
* Late Adulthood / Old Age ( 65 tahun ke atas )
Menurut Sigmund Freud
* Oral : Lahir sampai dengan 12 / 18 bulan
* Anal : 12 / 18 bulan sampai dengan 3 tahun
* Phallic : 3 sampai dengan 6 tahun
* Latency : 6 tahun sampai dengan pubertas
* genital : Pubertas sampai dengan dewasa
0 komentar:
Posting Komentar