Kamis, 10 Juni 2010

Field Note (Catatan Lapangan)

Field Note (Catatan Lapangan)

Dalam penelitian ini catatan penelitian sangat berguna bagi peneliti sebagai alat perantara yang peneliti lihat, dengar, rasakan dalam rangka pengumpulan data. Catatan lapangan disusun setelah observasi dan sesudah mengadakan interview dengan subyek penelitian. Hal ini interview dengan subyek penelitian. Hal ini untuk memudahkan penggarapan laporan karena data yang didapat akan mudah dilupakan oleh peneliti.

Oleh karena itu, catatan lapangan dapat digunakan sebagai jantung penelitian kualitatif karena suatu teori harus didukung oleh data dan bahan dalam ingatan. Demikian juga dalam pembuatan laporan penelitian, semuanya harus didukung data yang ada di lapangan dalam hal ini adalah catatan lapangan.

Catatan lapangan harus deskriptif, diberi tanggal dan waktu, dan dicatat dengan menyertakan inforrmasi dasar seperti dimana informasi didapatkan, siapa yang hadir, setting fisik lingkungan, interaksi sosial, aktivitas yang terjadi, dll.

Banister dkk. (1994) perhatikan saat membuat catatan observasi: (a) deskripsi konteks; (b) deskripsi mengenai orang yang diteliti; (c) deskripsi tentang siapa yang melakuka observasi; (d) deskripsi mengenai perilaku yang dilakukan orang yang diteliti; (e) interpretasi sementara penelitian pada kejadian yang diamati;(f) pertimbangan alternative interpretasi lain; serta (g) eksplorasi perasaan dan penghayatan peneliti terhadap kejadian yang diamati.

Bila relevan dan memungkinkan, catatan lapangan juga peru diisi kutipan-kutipanlangsung apa yang dikatakan obyek yang diamati selama proses observasi atau wawancara berlangsung. Catatan lapangan juga berisi perasaan peneliti, reaksi terhadap pengalaman yang dilalui, dan refleksimengenai makna personal dan arti kejadian tersebut dari sisi peneliti (Patton, 1990).

Daftar Pustaka
  • Maleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2009
  • Poerwandari, E. Kristi, Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia, Jakarta: LPSP3 UI, 2005
  • Suyanto, Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana, 2010
  • Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada, 2008

0 komentar:

Posting Komentar