Rabu, 09 Juni 2010

KONSEP DASAR PENELITIAN KUALITATIF

KONSEP DASAR PENELITIAN KUALITATIF

Istilah penelitian menurut Klirk dan Miller (1986 : 9) pada mulanya bersumber pada pengamatan kualitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kuantitatif. Untuk pengamatan kuantitatif pengamat harus memulai dengan mencatat atau menghitung dengan mempertimbangkanya, kemudian dilakukan perhitungan presentase, rata-rata, cikuadrat dan perhitungan statistic lainya.

Sedangkan kualitas menunjuk segi alamiah yang dipertentangkan dengan kuantum atau jumlah tersebut. Ada beberapa istilah dalam penelitian kualitatif yaitu Penelitian atau Inkuiri Naturalistik atau alamiah.

Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai berikut;

a) Bogdan Dan Taylor (1975 : 5) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.

b) Kirk dan Miller (1986 : 9) mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental.

c) Willem dan Rausch (1969), kemudian diulas oleh Guba dan akhirnya disimpulkan atas dasar ulasan tersebut beberapa hal sebagai berikut;

1. Inkuiri naturalistic selalu adalah suatu taraf.

2. Taraf sejauh mana tingkatan pengkajian adalah naturalistic merupakan fungsi sesuatu yang dilakukan oleh peneliti.

3. Yang dilakukan oleh peneliti berkaitan dengan stimulus variabel-bebas atau kondisi-antiseden yang merupakan dimensi penting sekali.

4. Dimensi penting lainya ialah apa yang dilakukan oleh peneliti dalam membatasi rentangan respons dari keluaran subyek.

5. Inkuiri naturalistic tidak mewajibkan peneliti agar terlebih dahulu membentuk konsepsi-konsepsi atau teori-teori tertentu mengenai lapangan perhatianya, sebaliknya ia dapat mendekati lapangan perhatianya dengan pikiran yang murni dan memperkenankan interpretasi-interpretasinya muncul dari dan dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa nyata, dan bukan sebaliknya. Walaupun demikian suatu pendekatan yang secara konseptual kosog tidaklah tepat dan naif.

6. Istilah naturalistic merupakan istilah yang memodifikasi penelitian atau metode , tetapi tidak memodifikasi gejala-gejala.

d) David Williams (1995) menulis bahwa penelitian kualitatif adalah pengumpulan data dari suatu latar alamiah, dengan menggunakan metode alamiah, dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang yang tertarik secara alamiah.

e) Denzin dan Lincoln (1987) menyatakan bahwa penelitian kualitatif penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada.

f) Penelitian kualitatif dari segi definisi lainya dikemukakan bahwa hal itu merupakan penelitian yang memanfaatkan wawancara terbuka untuk mempelajari dan memahami sikap, pandangan, perasaan dan perilaku individu atau sekelompok orang.

g) Penulis lain memaparkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus.

h) Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistic atau cara kuantifikasi lainya.

i) Penelitian kualitatif didasarkan pada upaya untuk membangun pandangan mereka yang diteliti yang rinci, dibentuk dengan kata-kata, gambaran holistic dan rumit.

j) Menurut Jane Richie, penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya didalam dunia, dari segi konsep, perilaku, perepsi dan persoalan tentang manusia yang diteliti.

Dari beberapa definisi diatas dapatlah diambil kesimpulan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan Dll. Secara holistic dan dalam bentuk deskripsi, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.


Daftar Pustaka

  • Maleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2009
  • Poerwandari, E. Kristi, Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia, Jakarta: LPSP3 UI, 2005
  • Suyanto, Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana, 2010
  • Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada, 2008

0 komentar:

Posting Komentar