Sabtu, 12 Juni 2010

INTERPRETASI DATA

INTERPRETASI DATA

Menurut Kvale (1996) interpretasi adalah upaya untuk memahami data secara lebih eksentif sekaligus mendalam. Peneliti memiliki perspektif dan menginterpretasi menurut perspektifnya. Preoses interpretasi memerlukan distansi (upaya mengambil jarak) dari data, dicapai melalui langkah yang metodis dan teoretis yang jelas.

Individu yang berbeda akan menghasilkan interpretassi yang berbeda terhadap wawancara yang sama, Kvale (1996) menyatakan bahwa interpretasi memang tidak tunggal yaitu boleh menggunakan interpretasi berbeda pada data yang sama, karena hal tersebut memiliki level atau tingkat interpretasi makna yang berbeda.

Kvale (1996) menguraikan konteks-konteks situasi dan komunitas validasi dalam mana muncul interpretasi yang berbeda.

Konteks interpretasi pemahaman diri terjadi bila peneliti berusaha memformulasikan dalam bentuk yang lebih padat apa yang oleh subjek penelitian dipahami sebagai makna dari pernyataan pernyataanya.

Konteks interpretassi pemahaman biasa yang kritis terjadi bila peneliti beranjak lebih jauh dari pemahaman dari subjek penelitianya.

Konteks interpretasi pemahaman teoretis adalah konteks yang paling konseptual, yaitu kerangka teoretis tertentu digunakan untuk memahami pernyataan pernyataan yang ada, sehingga dapat mengatasi konteks pemahaman diri subjek ataupun penalaran umum.

Ketiga tingkatan interpretassi tersebut menjelasskan bahwa upaya melihat validasi interpretasi jugaharus dilakukan dalam tiga komunitassyang berbeda. Interpretassi yang mengacu pada pemahaman diri subjek penelitian harus divalidasi dalam kerangka subjek penelitian tersebut. Interpretasi pemahaman umum hharus divalidasi dalam kerangka pemahaman umum masyarakat atau kelompok. Sementara, interpretasi ditingkat pemahaman teoretis harus dilihat dari apakah teori tersebut cocok untuk bidang yang dipelajari, apakah interpretasi yang dilakukan telah mengikuti logika teori yang dipakai dan sebagainya (Kvale, 1996).

Daftar Pustaka
  • Maleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2009
  • Poerwandari, E. Kristi, Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia, Jakarta: LPSP3 UI, 2005
  • Suyanto, Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana, 2010
  • Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada, 2008

0 komentar:

Poskan Komentar