Kamis, 10 Juni 2010

Langkah-Langkah Penelitian Kualitatif

Langkah-Langkah Penelitian Kualitatif

Prosedur dan tahap-tahap yang harus dilalui apabila melakukan penelitian kualitatif adalah sebagai berikut:

Menetapkan Fokus Penelitian

Prosedur penelitian kualitatif mendasarkan pada logika berpikir induktif sehingga perencanaan penelitianya bersifat sangat fleksibel, penelitian kualitatif harus melalui tahap-tahap dan prosedur penelitian yang telah ditetapkan. Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai seluruh tahap penelitian kualitatif adalah menetapkapkan research question, yang dalam penelitian kualitatif disebut sebagai fokus penelitian adalah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin dicari jawabanya melalui penelitian tersebut.

Menentukan Setting Dan Subjek Penelitian

Setting penelitian dalam penelitian kualitatif merupakan hal yang sangat penting dan telah ditentukan ketika menempatkan fokus penelitian. Setting ddan subjek penelitian merupakan suatu kesatuan yang telah ditentukan sejak awal penelitian. Setting penelitian ini menunjukan komunitas yang akan diteliti dan sekaligus kondisi fisik dan sosial mereka. dalam penelitian kualitatif setting penelitian akan menunjukan lokasi penelitian yang langsung melekat pada fokus penelitian yang telah ditetapkan sejak awal. Setting penellitian ini tidak dapat diubah kecuali fokus penelitianya diubah.

Subjek penelitian yang telah tercermin dalam fokus penelitian ditentukan secara sengaja. Subjek penelitian ini menjadi informan yanga akan memberikan berbagai informasi yang diperlukan selama proses penelitian.informan penelitian ini meliputi beberapa macam, seperti: (1) informan kunci, yaitu mereka yang mengetahui dan memiliki berbagai informasi pokok yang diperlukan dalam penelitian, (2) informan utama, yaitu mereka yang terlihat langsung dalam interaksi sosial yang diteliti; (3) informan tambahan, mereka yang dapat memberikan informasi walaupun tidak langsung terlibat dalam interaksi sosial yang diteliti.

Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Dan Analisis Data

Pengolahaan data dan analisis data dillakukan secara bersamaan selama proses penelitian. Dalam penelitian kualitatif pengolahan data tidak harus dilakukan setelah data terkumpul, atau analisis data tidak mutlak dilakukan setelah pengolahan data selesai. Dalam hal ini sementara data dikumpulkan, peneliti dapat mengolah dan melakukan analisis data secara bersamaan. Sebaliknya, pada saat menganalisis data, peneliti dapat kembali lagi kelapangan untuk memperoleh tambahan data yang dianggap perlu dan mengolahnya kembali.

Pengolahan data dilakukan dengan cara mengklarifikasi atau mengkategorikan data berdasarkan beberapa tema sesuai fokus penelitianya. Bila penelitian tersebut untuk membentuk proposisi-proposisi atau teori, maka analisis data secara induktif dapat dilakukan melalui beberapa tahap, seperti yang dilakukan (Taylor dan Bogdan, 1984:127) dalam grounded research sebagai berikut:

1. Membuat definisi sementara tentang gejala yang dipelajari

2. Rumuskan suatu hipotesisuntuk menjelaskan gejala tersebut

3. Pelajari suatu kasus untuk melihat kecocokan antara kasus ddan hipotesis

4. Jika hipotesis tidak rumuskan kasus, rumuskan kembali hipotesis gejala yang dipelajari

5. Pelajari kasus-kasus negative untuk menolak hipotesis

6. Bila ditemui kasus negative, formuasikan kembali hipotesis gejala

7. Lanjutkan sampai hipotesis benar-benar diterima dengan cara menguji kasus-kasus yang bervariasi.

Penyajian Data

Prinsip dasar penyajian data adalah membagi pemahaman kita tentang sesuatu hal yang pada orang lain. Oleh Karena itu data yang diperoleh adalah kata-kata dan bukan bentuk angka, sering kali data adalah sebuah kutipan langsung dari kata-kata terwawancara. Hasil penelitian kualitatif juga dapat disajikan dalam bentuk life History, yaitu deskripsi tentang peristiwa dan pengalaman penting dari kehidupan atau beberapa bagian pokok dari kehidupan seseorang dengan kata-katanya sendiri.

Pedoman Penggunaan Penelitian Kualitatif

Ada beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk menentukan apakah pendekatan kualitatif memang sesuai untuk diterapkan dalam suatu penelitian (Taylor dan Bogdan 1984; Marshall dan Rossman, 1989; Silverman,1993) sebagai berikut:

1. Pendekatan kualitatif sangat sesuai diterapkan bila penelitian bertujuan untuk memahami makna yang mendasari tingkah laku manusia.

2. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan bila penelitian mendeskripsikan latar dan interaksi yang kompleks dari partisipan.

3. Pendekatan kualitatif sesuai diterapkan pada penelitian untuk mmelakukan penjajakan, atau mengidentifikasi informasi baru.

4. Pendekatan kualitatif Sesuai diterapkan pada penelitian yang bermaksud memahami keadaan yang terbatas jumlahnya dengan fokus yang mendalam dan rinci.

5. Pendekatan kualitatif Sesuai diterapkan pada penelitian mendeskripsikan gejala untuk melahirkan sesuatu teori atau hipotesis.

6. Pendekatan kualitatif Sesuai diterapkan pada variabel-variabel menurut pandangan dan definisi pertisipan.

Penutup

Dalam pennelitian kualitatif peneliti melaksanakan kegiatan penelitian secara objektif terhadap kenyataan subjektif yang diteliti. Dalam hal ini subjektifitas berlaku terhadap kenyataan yang diteliti, dalam arti kenyataan tersebut dilihat dari sudut mereka yang diteliti.

Penelitian kualitatif lebih mementingkan ketepatan dan kecukupan data. Penekanan dalam kualitatif adalah validitas data, yaitu kesesuaian antara apa yang dicatat sebagai data dan apa yang sebenarnya terjadi pada latar yang diteliti.

0 komentar:

Poskan Komentar