Jumat, 11 Juni 2010

Identifikasi Dan Perumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Identifikasi Dan Perumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Perumusan pertanyaan adalah bagian yang sangat penting sekaligus bagian yang sulit dalam penelitian kualitatif.

Ada tiga tahapan konseptual dalm mengembangkan pertanyaan penelitian. yang pertama adalah tahap menentukan area penelitian, yang kedua tahap mengajukan pertanyaan-pertanyaan umum, dan ketiga mengajukan pertanyaan secara khusus.

Penelitian harus berangkat dari pengamatan, dari pengamatan itulah peneliti merenungi, menghubunkan, kemudian mengembangkandugaan atau kemungkinan jawaban.

Punch (1998) yang perlu dipertimbangkan untuk menetapkan fokus penelitian antara lain: (1) menentukan pertanyaan dari semua jawaban yang dicari dari pertanyaan penelitian yang teridentifikasi, (2) menentukan pertanyaan penting dari pertimbangan beberapa masalah dan pertanyaan yang paling penting.

Dalam tahapan pengembangan pertanyaan penelitian, peneliti belum memfokus pertanyaan pengumpulan data, peneliti perlu menempatkan isu-isu substantif dan konseptual sebelum metodologis.

Dari refleksi merenungi teori, keheranan tentang dat statistic yang mengandung kejanggalan dapat memunculkan pertanyaan penelitian. pertanyaan penelitian harus dimulai daritopik yang luas kemudian mengembangkanya dalam topik yangb lebih sempit. Untuk dapat memfokuskan dan pendalaman, kita dapat menggunakan cara berpikir corong, berangkat dari hal yang umum menuju hal yang spesifik, baik dalam memahami fenomena yang diteliti maupun konsep yang digunakan.

Corong penelitian membantu kita memfokuskan penyelidikan, dengan mengarahkan diripada fenomena yang lebih spesifik, serta konsep yang lebih spesifik.

Selanjutnya peneliti mengembangkan pemikiran topik yang menjadi pusat penelitian, dan aspek-aspek, komponen-komponen, atau konsep-konsep penting yang perlu didalami untuk memahami masalah secara lebih utuh.

Daftar Pustaka
  • Maleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2009
  • Poerwandari, E. Kristi, Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia, Jakarta: LPSP3 UI, 2005
  • Suyanto, Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana, 2010
  • Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada, 2008

0 komentar:

Posting Komentar